Mr. Shegy_O





Selasa, 06 April 2010

ASESMEN OTENTIK

ASESMEN OTENTIK KTSP

1. Sebutkan sifat_sifat assessment otentik? Bagaimana penerapan dalam penilaiannya?
Jawab:
- Sifat-sifat Assessment Otentik adalah:
1. Berbasis Kompetensi
Yaitu asesmen yang mampu memantau kompetensi seseorang
2. Individual
Asesmen harus dapat mengungkapkan seoptimal mungkin kelebihan setiap individu, dan juga kekurangannya (untuk bisa dilakukan perbaikan)
3. Berpusat pada peserta didik
Berpusat pada peserta didik karena direncanakan, dilakukan, dan dinilai oleh guru dengan melibatkan secara optimal peserta didik sendiri
4. Otentik (nyata, riil seperti kehidupan sehari-hari)
Untuk memastikan bahwa yang diases tersebut benar-benar adalah kompetensi riil individu (peserta didik) tersebut
5. Terintegrasi dengan proses pembelajaran
Sesuai dengan proses pembelajaran yang dilakukan
6. Berkelanjutan (on-going)
Asesmen harus dilakukan secara langsung pada saat proses belajar mengajar berlangsung, dimana dapat terpantau roses dan produk belajar


2. Sebutkan dan jelaskanlah 3 komponen utama asesmen kinerja?
Jawab:
a) Tugas kinerja (performance task) adalah suatu tugas yang berisi topik, standar tugas, deskripsi tugas, 4
dan kondisi penyelesaian tugas.
b) Rubrik performansi (performance rubrics) merupakan suatu rubrik yang berisi komponen-komponen suatu performansi ideal, dan deskriptor dari setiap komponen tersebut
c) Cara penilaian (scoring guide)
Cara Penilaian kinerja tiga, yaitu (1) holistic scoring, yaitu pemberian skor berdasarkan impresi penilai secara umum terhadap kualitas performansi; (2) analytic scoring, yaitu pemberian skor terhadap aspek-aspek yang berkontribusi terhadap suatu performansi; dan (3) primary traits scoring, yaitu pemberian skor berdasarkan beberapa unsur dominan dari suatu performansi.

3. Bagaimana penilaian portofolio yg anda ketahui?
Jawab:
Asesmen portofolio mengandung tiga elemen pokok yaitu: (1) sampel karya peserta didik, (2) evaluasi diri, dan (3) kriteria penilaian yang jelas dan terbuka.
Asesmen portofolio adalah penilaian terhadap kumpulan berkas sebagai bukti fisik setiap aktivitas siswa selama dan sesudah pembelajaran, bisa berupa dokumen hasil tes, tugas-tugas, hasil karya, catatan tentang sikap-minat, ketrampilan, dan kompetensi siswa.
Asesmen portoflolio menilai proses maupun hasil. Oleh karena itu proses dan hasil sama pentingnya. Meskipun asesmen ini bersifat berkelanjutan, yang berarti proses mendapatkan porsi penilaian yang besar (bandingkan dengan asesmen konvensional yang hanya menilai hasil belajar) tetapi kualitas hasil sangat penting. Dan memang, penilaian proses yang dilakukan tersebut sesungguhnya memberi kesempatan peserta didik mencapai produk yang sebaik-baiknya.

4. Buatlah Model Asesmen Otentik!
Jawab:
(a). Perencanaan Asesmen Otentik
(1) Menentukan tujuan dan fokus (standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, domain (kognitif, afektif, psikomotor) yang diases)
(2) Merencanakan isi asesmen otentik yang meliputi: pemilihan prosedur asesmen, menentukan isi/topik, dan menetapkan frekuensi dan waktu dilakukannya asesmen.
(3) Mendesain cara menganalisis data, yaitu dengan menetapkan: standar atau kriteria penilaian, menetapkan cara memadukan hasil penilaian dari berbagai sumber (misalnya dari kinerja, portofolio, evaluasi diri, tes. Dan lain-lain), dan menetapkan waktu analisis.
(4) Merencanakan langkah-langkah kegiatan asesmen (terpadu dalam pembelajaran, ada kegiatan pemberian umpan balik, penilaian proses, penilaian produk)
(5) Menentukan prosedur pengujian keakuratan informasi, yaitu menetapkan cara mengetahui validitas informasi dan reliabilitas penilaian.

(b). Implementasi Asesmen Otentik
(1) Mengumumkan tujuan dan fokus pembelajaran kepada siswa.
(2) Menyepakati prosedur asesmen yang digunakan serta kriteria penilaiannya.
(3) Mendiskusikan cara-cara yang perlu dilakukan untuk mencapai hasil maksimal.
(4) Melaksanakan kegiatan asesmen sesuai dengan perencanaan dan kesepakatan bersama (pengumpulan data)
(5) Memberikan umpan balik

(c). Analisis dan pelaporan
(1) Menganalisis data yang telah dikumpulkan
(2) Memadukan hasil analisis dari berbagai data yang didapat
(3) Menerapkan kriteria penilaian akhir
(4) Melaporkan hasil asesmen

2 komentar:

Mohon beri komentar yang bersifat menguntungkan banyak pihak..

>