Unit 1
Menyusun Silabus dan RPP PKn SD Sesuai Kurikulum 2006
A. PROGRAM PEMBUATAN SILABUS
Dalam KTSP, Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indicator pencapaian kompetensi untuk penilaian hasil pembelajaran.
Langkah – Langkah dalam Pengembangan Silabus.
1. Mengisi Identitas Silabus
Identitas terdiri dari nama sekolah, kelas, mata pelajaran, dan semester. Identitas silabus ditulis diatas matrik silabus.
2. Menuliskan Standart Kompetensi
Standart Kompetensi adalah kualifikasi kemampuan peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang diharapkan dicapai pada mata pelajaran tertentu. Standart kompetensi di ambil dari Standart isi (Standart Kompetensi dan Kompetensi Dasar ).
3. Menuliskan Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan minimal yang harus dimiliki peserta didik dalam rangka menguasai Standart Kompetensi mata pelajaran tertentu. Kompetensi dipilih dari yang tercantum dalam standart isi.
4. Mengidentifikasi Materi Pokok / Pembelajaran
Dalam mengidentifikasi materi pokok / pembelajaran harus dipertimbangkan :
a. Relevansi materi pokok dengan Standart Kompetensi dan Kompetensi Dasar
b. Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, social dan spiritual peserta didik
c. Kebermanfaatan bagi peserta didik
d. Stuktur keilmuan
e. Kedalaman dan keleluasaan materi
f. Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan
g. Alokasi waktu
5. Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar peserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar. Kegiatan pembelajaran yang dimaksud dapat terwujud melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada peserta didik. Kegiatan pembelajaran memuat kecakapan hidup yang perlu dikuasai peserta didik
Kriteria dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran sebagai berikut :
a. Kegiatan pembelajaran disusun bertujuan untuk memberikan bantuan kepada peserta didik, khususnya guru agar mereka dapat bekerja dan melaksanakan proses pembelajaran secara professional sesuai dengan tuntutan kurikulum
b. Kegiatan pembelajaran disusun berdasarkan atas satu tuntutan kompetensi dasar secara utuh
c. Kegiatan pembelajaran memuat rangkaian kegiatan yag harus dilakukan oleh siswa secara berurutan untuk mencapai kompetensi dasar,
d. Kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa. Guru harus senantiasa berpikir kegiatan apa yang bisa dilakukan agar siswa memiliki kompetensi yang telah ditetapkan.
e. Materi kegiatan pembelajaran dapat berupa pengetahuan , sikap, ketrampilan.
Pemilihan kegiatan pembelajaran mempertimbangkan hal – hal sebagai berikut:
a. Memberikan peluang bagi siswa untuk mencari, mengolah dan menemukan sendiri pengetahuan di bawah bimbingan guru.
b. Disesuaikan dengan kemampuan siswa, sumber belajar, sarana yang tersedia
c. Bervariasi dengan mengombinasikan kegiatan individu / perorangan, berpasangan, kelompok dan klasikal
d. Memperhatikan pelayanan terhadap perbedaan individual siswa, seperti : bakat, minat, kemampuan, latar belakang keluarga, sosial ekonomi, dan budaya serta masalah khusus yang dihadapi siswa
6. Merumuskan Indikator
Untuk mengembangkan instrument penilaian, terlebih dahulu diperhatikan indicator. Oleh karena itu, di dalam penentuan indicator diperlukan kriteria – kriteria sebagai berikut :
a. Sesuai dengan tingkat perkembangan berpikir siswa
b. Berkaitan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar siswa
c. Menunjukkan pencapaian hasil belajar secara utuh ( kognitif, afektif dan psikomotor )
d. Memperhatikan sumber belajar yang relevan
7. Penilaian
Penilaian pencapaian kompetensi dasar peserta didik dilakukan berdasarkan indikator. Di dalam kegiatan penilaian ini terdapat tiga komponen penting, yaitu meliputi : teknik penilaian, bentuk instrument, contoh instrument.
8. Menentukan Alokasi Waktu
Alokasi waktu adalah jumlah waktu yang dibutuhkan untuk ketercapaian suatu kompetensi dasar tertentu, dengan memperhatikan :
a. Minggu efektif per semester
b. Alokasi waktu mata pelajaran
c. Jumlah kompetensi per semester
9. Menentukan Sumber Belajar
Sumber belajar merupakan segala sesuatu yang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran, yang berupa : buku teks, media cetak, media elekronik, nara sumber, lingkungan alam sekitar, dan sebagainya.
B. PROGRAM PEMBUATAN PERSIAPAN MENGAJAR
RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk setiap Kompetensi Dasar.
RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Oleh karena itu setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, menyenangkan, kreatif dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif.
RPP disusun untuk setiap Kompetensi Dasar yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru merancang setiap penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan.
Komponen – Komponen RPP
1. Identitas mata pelajaran
Meliputi satuan pendidikan, kelas, semester, mata pelajaran / tema pelajaran, jumlah pertemuan, alokasi waktu.
2. Standar Kompetensi
Merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan semester pada suatu mata pelajaran.
3. Kompetensi Dasar
Sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator.
4. Indikator
Perilaku yang dapat diukur atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.
5. Tujuan Pembelajaran
Menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
6. Materi Bahan Pelajaran
Materi pelajaran merupakan isi suatu mata pelajaran atau bidang studi yang dipelajari peserta didik berdasarkan kurikulum yang berlaku
7. Alokasi waktu
Ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian kompetensi.
8. Metode pembelajaran
Digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pmbelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan.
9. Kegiatan Pembelajaran
a. Pendahuluan
Merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
b. Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran ini dilakukan secara interaktif, menyenangkan dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif.
c. Penutup
Kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, umpan balik
10. Sumber Belajar
11. Penilaian
Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar yang disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi.
KERANGKA PENYUSUNAN RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata pelajaran :…………………
Satuan Pendidikan :…………………
Kelas/Semester :…………………
Pertemuan :…………………
A. Standart kompetensi :……………….......
B. Kompetensi Dasar :
1………………………………………………..
C. Indikator
1.1……………………………………………..
1.2……………………………………………..
D. Tujuan Pembelajaran
1……………………………..
2…………………………….
E. Materi Standart:
1…………………………….
2……………………………..
F. Metode Pembelajaran
1……………………………...
2………………………………
G. Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
2. Kegiatan Inti
3. Kegiatan Akhir
H. Sumber Belajar
1. Alat Peraga
2. Buku
I. Penilaian
1. Tes Tertulis :………………..
2. Penugasan :………………..
3. Kinerja ( performansi ) :………………...
Contoh RPP
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraa
Jenjang Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas/Semester : III /I
Pertemuan ke : 1-6
Alokasi Waktu : 12 x 35 menit (1 x pertemuan)
Standar Kompetensi : Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
Kompetensi Dasar : - Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
- Mengamalkan nilai – nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
Tahap perencanaan/
Indikator yang dipilih
sesuai tema : 1. Menjelaskan wilayah negara tempat tinggal (PKn , IPS)
2. Mendiskipsikan karakteristik negara Indonasia. (IPS)
3. Menunjukkan lima pulau besar di wilayah Indonesia (IPS)
4. Menjelaskan identitas pribadi (PKn)
5. Menyebutkan lima macam suku di Indonesia (Mat IPS,)
6. Menjelaskan nama bangsa yang menempati wilayah Indonesia (IPS)
7. Menjelaskan bahasa daerah yang digunakan dalam berkomonikasi (Bahasa Daerah)
8. Menyebutkan bahasa nasional yang dipakai di Indonesia (Bahasa Indonesia)
9. Menjelaskan latar belakang terbentuknya nama Indonesia sebagai nama Negara (IPS)
10. Menjelaskan latar belakang terbentuknya nama Indonesia sebagai nama negara, nama bangsa, nama bahasa, nama tanah air, dan nama lagu kebangsaan (IPS)
11. Menjelaskan terjadinya hari Sumpah Pemuda (IPS, PKN)
12. Menjelaskan tujuan konggres Sumpah Pemuda (IPS, PKn)
13. Menyebutkan 2 keputusan hasil konggres Sumpah Pemuda (PKn)
14. Menyebutkan 2 hasil keputusan Sumpah Pemuda II (Mat)
15. Mendeskripsikan isi dan ikrar Sumpah Pemuda (IPS, PKn)
16. Menjelaskan pengertian persatuan dan kesatuan (IPS)
17. Menjelaskan keuntungan bila NKRI bersatu (PKn, IPS)
18. Menjelaskan kerugian bila kita tidak bersatu (PKn, IPS)
19. Memberi contoh perbuatan yang mencerminkan nilai-nilai Sumpah Pemuda. (PKn ,IPS)
20. Memberi contoh perbuatan yang tidak mencerminkan nilai-nilai Sumpah Pemuda (PKn , IPS)
21. Mau menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan (PKn)
22. Mau menghargai budaya orang lain yang berbeda. (PKn, IPS, Kesenian)
23. Menyanyikan lagu
Langkah-langkah Pelaksanaan
/ Tujuan Pembelajaran,
setelah mempelajari materi
ini siswa dapat : Melalui ceramah dan tanya jawab dan penugasan tentang wilayah Indonesia siswa dapat:
1. Menjelaskan wilayah negara tempat tinggal
2. Mendeskripsikan karakteristik negara Indonesia secara singkat
3. Menyebutkan 5 pulau besar di wilayah Indonesia
4. Menjelaskan identitas pribadi
5. Menyebutkan 5 macam suku di Indonesia
6. Menjelaskan nama bangsa yang menempati wilayah Indonesia
7. Menjelaskan bahasa daerah yang digunakan dalam berkomunikasi
8. Menyebutkan 5 macam bahasa daerah di Indonesia
9. Menjelaskan bahasa nasional yang dipakai di Indonesia
10.Menjelaskan latar belakang terbentuknya nama Indonesia pada nama negara, bangsa dan negara
11. Menjelaskan terjadinya hari Sumpah Pemuda
12. Menjelaskan tujuan konggres Sumpah Pemuda
13. Menyebutkan 2 keputusan hasil Kongges Pemuda
14. Menyanyikan lagu Indonesia raya dengan benar
15. Mendeskripsikan isi dari ikrar Sumpah Pemuda
16. Menjelaskan pengertian persatuan dan kesatuan
17. Menjelaskan keuntungan bila bersatu
18. Menjelaskan kerugian bila kita tidak bersatu
19. Memberi contoh perbuatan yang mencerminkan nilai-nilai Sumpah Pemuda.
20. Memberi contoh perbuatan yang tidak mencerminkan nilai-nilai Sumpah Pemuda.
21. Mau menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan.
22. Mau menghargai budaya orang lain yang berbeda.
Materi Pokok/ standar : 1. Wilayah Negara tempat tinggal warga Negara Indonesia adalah negara Indonesia
2. Negara Indonesia wilayah daratan dan lautan yang terdiri dari banyak pulau mulai dari Sabang sampai Merauke
3. Lima pulau besar di Indonesia, yaitu Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Pulau Irian
4. Identitas pribadi anak, nama, tempat tanggal lahir, tempat tinggal dan seterusnya.
5. Macam-macam suku di Indonesia, yaitu Suku Jawa, Suku Makkasar, Suku Madura, Suku Batak, Suku Minahasa
6. Bangsa yang menempati wilayah Indonesia adalah bahasa Indonesia
7. Lagu wajib Satu Nusa Satu Bangsa; Padamu Negri
8. Bahasa daerah yang dipergunakan anak
9. Macam-macam bahasa daerah di Indonesia
10. Bahasa nasional kita bahasa Indonesia
11. Latar belakang terbentuknya nama Indonesia pada nama negara, bangsa, dan bahasa:
• Indonesia terdiri dari banyak pulau
• Indonesia terdiri dari banyak suku
• Indonesia mempunyai bahasa daerah yang berbeda-beda
12. Konggers pemuda II pada tanggal 28 oktober 1928
13. Tujuan kongges pemuda:
Mempersatukan pemuda-pemudi dan ingin mencapai kemerdekaan
14. Dua keputusan dalam Konggres Pemuda yaitu
Lagu Indonesia Raya dan Ikrar Sumpah Pemuda
15. Lagu Indonesia Raya
16. Bunyi ikrar pemuda
17.Persatuan dan kesatuan adalah keinginan menjadi satu wadah untuk mencapai tujuan
18. Keuntungan bersatu: akan lebih kuat, banyak manfaat
19. Kerugian tidak bersatu: Semakin lemah tak berdaya, tidak ada kerukunan
20.Perbuatan yang mencerminkan nilai-nilai Sumpah Pemuda: mau bermusyawarah, cinta tanah air dan bangsa, rukun antar sesama, rela berkorban demi nusa dan bangsa
21. Perbuatan yang tidak mencerminkan Sumpah Pemuda
- Acuh tak acuh terhadap masalah bersama
- Tidak perduli terhadap negara
- Menghina suku lain
- Tidak mau membantu saudara yang tertimpa bencana
22 .Menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan dengan cara: gotong royong, tolong menolong, dan turut serta menjaga keamanan dan lingkungan
23. Ragam budaya Indonesia meliputi: Rumah, pakaian, bahasa, kesenian, makanan, dan lain-lain.
Langkah Kegiatan/Tahap Pelaksanaan
Kegiatan pembelajaran pertemuan 1 (2 x 35)
Kegiatan Awal : - Mengucapkan salam pada siswa
- Absensi siswa
- Menyiapkan alat dan bahan pembelajaran
Apersepsi
- Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan materi pembelajaran
- Tanya jawab materi yang lalu
- Guru menyiapkan tujuan pembelajaran
Kegatan Inti : - Siswa bersama guru mengadakan tanya jawab tentang tempat tinggal anak
-Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang karakteristik negara Indonesia
- Siswa diminta untuk menemutunjukkan 6 pulau besar di wilayah Indonesia dengan menggunakan peta Indonesia
Kegiatan Akhir : - Menyimpulkan kembali hasil pembelajaran
- Evaluasi
- Tindak lanjut
Siswa diminta untuk membuat slogan tentang keanekaragaman budaya Indonesia secara berkelompok
Pertemuan II (2 x 35 menit)
Kegiatan inti : - Siswa bersama guru mengadakan tanya jawab tentang identitas siswa
- Siswa diberi tugas mengamati gambar suku-suku yang ada di Indonesia
- Siswa bersama guru mengadakan tanya jawab tentang suku-suku yang tinggal di wilayah Indonesia
- Siswa bersama guru mengadakan tanya jawab tentang nama bangsa yang menempati wilayah Indonesia
Pertemuan III (2 x 35 menit)
Kegiatan inti : - Siswa bersama guru mengadakan tanya jawab tentang bahasa yang dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari
- Siswa bersama guru mengadakan tanya jawab tentang keanekaragaman bahasa daerah di Indonesia
- Siswa bersama guru mengadakan tanya jawab tentang bahasa yang dipergunakan oleh seluruh bangsa Indonesia.
Pertemuan IV (2 x 35 menit)
Kegiatan inti : - Siswa bersama guru mengadakan tanya jawab tentang terbentuknya nama Indonesia pada nama negara, bangsa dan bahasa
- Siswa diajak mengamati gambar-gambar yang terkait dengan hari Sumpah Pemuda
- Siswa bersama guru mengadakan tanya jawab tentang hari Sumpah Pemuda dan hasil keputusan pada Konggres Pemuda II
- Siswa diajak bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia raya dilanjutkan dengan pembacaan ikrar Sumpah Pemuda
Pertemuan V (2 x 35 menit)
Kegiatan inti : - Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang kegiatan yang akan dilaksanakan dalam kelas
-Siswa dibagi menjadi 8 kelompok diskusi dengan anggotanya 4-5 anak, membahas tentang persatuan dan kesatuan
- Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang langkah-langkah dalam berdiskusi
-Siswa melakukan diskusi kelompk dengan bimbingan guru
-Dilanjutkan dengan diskusi kelas dengan menyampaikan hasil diskusi kelompok
- Menyimpulkan hasil diskusi.
Pertemuan VI
Kegiatan inti : - Siswa diminta mengamati gambar-gambar perbuatan yang mencerminkan nilai-nilai Sumpah Pemuda
- Siswa bersama guru mengadakan tanya jawab tentang perbuatan yang mencerminkan nilai-nilai Sumpah Pemuda
- Siswa memperhatikan nasehat-nasehat guru pentingnya persatuan dan kesatuan
- Siswa memperhatikan nasehat-nasehat guru agar mau menghargai budaya orang lain
Alat & sumber belajar
A. Sumber : - GBPP PKn kelas III tahun 2006
- Buku penunjang PKn SD Kelas III tahun 2006 Penerbit Erlangga hal 1-21
B. Alat : - Gambar pakaian adat
- Gambar kegiatan sehari-hari
- Peta Indonesia
Evaluasi / Tahap penilaian
A. Prosedur Test
1. Tes tulis : - Menilai kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal tulis
2. Tes proses/ kinerja : - Menilai keaktifan siswa selama proses pembelajaran
- Menilai keaktifan siswa selama berdiskusi
- Menilai hasil pekerjaan siswa membuat slogan keanekaragaman budaya.
3. Produk : - Hasil diskusi kelompo
4. Portofolio
Alat Test : 1. lembar soal
2. lembar pengamatan
Delapan Keterampilan Dasar Mengajar
Delapan keterampilan dasar mengajar (teaching skills) harus dikuasai oleh guru. Keterampilan dasar tersebut biasa diberikan pada mahasiswa calon guru atau yang sudah menjadi guru seperti Anda melalui micro teaching. Oleh karena itu sebelum terjun ke lapangan, mahasiswa dibekali delapan keterampilan mengajar, begitu pula mahasiswa yang sudah menjadi guru juga dimantapkan lagi agar pembelajaran di kelasnya menjadi lebih efektif.
Keterampilan dasar tersebut adalah :
1. Keterampilan bertanya
2. Keterampilan memberikan penguatan
3. Keterampilan mengadakan variasi
4. Keterampilan menjelaskan
5. Keterampilan membuka dan menutup pelajaran
6. Keterampilan membimbing diskusi
7. Keterampilan mengelola kelas
8. Keterampilan mengajar kelompok kecil
1. Keterampilan bertanya pada pembelajaran PKn SD
Jenis keterampilan bertanya ada 2 macam yaitu :
a. Bertanya tingkat dasar
Kemampuan mengungkapkan pertanyaan dengan jelas dan singkat, yang dapat memberikan acuan bagi siswa agar lebih memusatkan perhatian pada materi.
Perlu ditekankan lagi bahwa guru tidak boleh menunjuk siswa dulu sebelum mengajukan pertanyaan, bahkan guru sebaiknya memberikan kesempatan siswa untuk berpikir untuk menjawab pertanyaan, dan pertanyaan yang diberikan selayaknya dapat menuntun siswa.
b. Bertanya tingkat lanjut.
Kemampuan mengajukan pertanyaan yang dapat mengubah tuntutan kognitif, kemampuan mengatur urutan pertanyaan dengan baik, menggunakan pertanyaan pelacak, dan meningkatkan interaksi (Usman, 1995)
Perlu kita ketahui bahwa dalam keterampilan bertanya, kebiasaan yang perlu kita hindari adalah:
a. mengulangi pertanyaan sendiri
b. mengulangi pertanyaan siswa
c. menjawab pertanyaan sendiri
d. mengajukan pertanyaan yang mengundang jawaban salah
e. mengajukan pertanyaan ganda
f. menunjuk dulu sebelum bertanya.
2. Keterampilan Memberi Penguatan Pada Pembelajaran Pkn
Penguatan adalah keterampilan yang dapat memberi respon positif atas kinerja siswa yang baik. Hal ini perlu dilakukan dalam rangka menumbuhkan motivasi pada siswa agar meningkatkan kinerjanya supaya lebih baik lagi.
Ada beberapa syarat dalam pemberian penguatan agar dapat berhasil menumbuhkan motivasi siswa, yaitu :
1. Suasana yang hangat dan antusias
2. Bermakna
3. Respon positif
4. Jelas sasaran
5. Bervariasi
Jenis penguatan ada 2 (dua) macam, yaitu:
a. Penguatan verbal
Suatu penguatan yang disampaikan dengan kata-kata atau kalimat
b. Penguatan non verbal
Suatu penguatan yang disampaikan dengan gerakan, pendekatan, mimik dan sentuhan.
3. Keterampilan Mengadakan Variasi Pada SD
Keterampilan mengadakan variasi adalah keterampilan dalam membuat perubahan-perubahan cara (inovasi) dalam kegiatan proses pembelajaran. Hal ini sangat penting dilakukan karena dengan adanya variasi dalam cara penyampaian pembelajaran, suasana belajar menjadi tidak membosankan.
Tujuan dari keterampilan mengadakan variasi adalah :
1. Mengurangi kebosanan
2. Meningkatkan motivasi yang mengarah pada peningkatan kualitas proses dan hasil belajar.
4. Keterampilan Menjelaskan Pada Pembelajaran Pkn SD
Keterampilan menjelaskan adalah keterampilan dalam cara menyajikan informasi yang telah disusun secara terorganisasi dan sistimatis sehingga mudah untuk dipahami dan dimengerti.
Tujuan dari keterampilan menjelaskan
Untuk membantu memudahkan siswa dalam memahami konsep, bernalar, dan terlibat dalam berpikir, dan untuk mendapat balikan, pertanyaan dan pendapat dari siswa terhadap isi informasi yang dijelaskan tersebut.
Komponen keterampilan menjelaskan ada 2 yaitu :
a. Merencanakan
Berkaitan dengan penyusunan isi pesan yang akan disampaikan dan kesesuaian pesan dengan karakteristik siswa yang akan menerima
b. Menyajikan
Yang berkaitan dengan cara dan metode dalam menyampaikan penjelasan yang meliputi
1. Kejelasan dalam berbahasa, kelancaran dan ucapan
2. Penggunaan contoh dan ilustrasi
3. Pemberian tekanan pada pesan-pesan penting melalui suara dan ikhtisar
4. Balikan dengan memberi kesempatan mengajukan pertanyaan dan mimik siswa
5. Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran dalam Pembelajaran Pkn SD
Keterampilan membuka pelajaran adalah keterampilan dalam menciptakan kesiapan mental siswa untuk mulai pembelajaran.
Terdapat beberapa komponen yang harus di perhatikan dalam membuka pelajaran, yaitu:
1. Menarik perhatian
2. Menimbulkan motivasi, memberi acuan, serta membuat kaitan.
Keterampilan menutup pelajaran adalah keterampilan untuk mengakhiri pelajaran.
Terdapat beberapa komponen dalam menutup pelajaran yaitu :
1. Meninjau kembali
2. Mengevaluasi penguasaan
3. Memberikan tindak lanju
6. Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil dlam Pembelajaran Pkn SD
Pelaksanaan diskusi kelompok dengan jumlah peserta yang kecil biasanya lebih efektif dari pada yang jumlah pesertanya besar. Kelompok kecil ini biasanya diikuti peserta yang jumlahnya kurang dari sepuluh orang, topiknya jelas, ada interaksi tatap muka, dan berlangsung sistematis
Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil ini meliputi keterampilan untuk:
a. Membimbing siswa untuk dapat memusatkan perhatian pada permasalahan
b. Memperjelas masalah
c. Menganalisis pandangan mahasiswa
d. Menyebarkan kesempatan berpartisipasi
e. Menutup diskusi yang biasanya disertai kesimpulan atau penegasan dari guru.
7. Keterampilan Mengelola Kelas Dalam Pembelajaran Pkn SD
Pengertian keterampilan mengelola kelas adalah keterampilan dalam menciptakan kondisi kelas yang baik untuk berlangsungnya pembelajaran yang optimal.
Tujuan pengelolaan kelas adalah :
a. Mendorong mahasiswa untuk bertanggung jawab
b. Menyadari kebutuhan mahasiswa
c. Memberikan respon terhadap perilaku mahasiswa.
8. Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan dalam Pembelajaran Pkn SD
Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan adalah keterampilan untuk mengadakan :
1. Pendekatan positif secara pribadi
2. Mengorganisasikan siswa
3. Membimbing dan memudahkan belajar
4. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar
Casino Finder (2021) - Mapyro
BalasHapusFind Casino 동해 출장안마 Finder (2021) location in East Las Vegas, NV. 군산 출장샵 Casinos: 1211. Find 충청남도 출장안마 all Casinos 이천 출장마사지 Near Me. MGM Grand Detroit - $32.95 Westgate New Orleans - $26.95 속초 출장안마 Golden Nugget - $27.95