Mr. Shegy_O





Rabu, 28 April 2010

sikap, sifat, dan watak

Sikap, Sifat, dan Watak
Soal :
1. Perbedaan dari sikap, sifat dan watak!
2. Dari sikap, sifat, dan watak, mana yang dapat diubah?
3. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian!
Jawab :
1. Perbedaan dari sikap, sifat dan watak!
- Sikap (Attitude) adalah kecenderungan-kecenderungan seseorang merespon positif atau negative terhadap objek tertentu seperti orang, lembaga, peristiwa secara relative. Sikap adalah apa yang nampak pada diri kita secara nyata, cenderung pada cara kita berinteraksi. Sikap itu stabil dan tetap merupakan kecenderungan bertindak atau bereaksi dalam suatu cara tertentu dan sikap itu berhubungan langsung dengan objek.
- Sifat (Traits) adalah respon yang senada (sama) terhadap sekelompok stimulasi yang mirip, berlangsung dalam waktu yang (relatif) lama atau salah satu aspek yang diwarisi dari ibu, ayah, atau nenek dan kakek. Sifat itu tidak berhubungan langsung dengan objek.
- Watak (Disposition) adalah suatu karakter yang dimiliki manusia sejak lahir. Watak merupakan pribadi jiwa yang menyatakan dirinya dalam segala tindakan dan pernyataan.

2. Dari sikap, sifat, dan watak, mana yang dapat diubah?
Menurut saya, dari sikap, sifat, dan watak, yang dapat diubah adalah sifat dan sikap. Alasannya adalah watak sulit untuk diubah karena merupakan bawaan sejak lahir. Sedangkan sifat dan sikap dapat diubah asalkan ada niat dari diri seseorang itu sendiri. Biasanya juga dari dukungan orang lain yang kuat.
Contoh :
Misalnya ada orang yang mempunyai sifat pembohong, setelah dia sadar bahwa kalau dia dibohongi rasanya sakit dan bisa merugikan orang lain, maka sifat orang tersebut bisa berubah menjadi orang yang jujur.
Apabila ada orang yang mempunyai sikap tidak menghargai orang lain, setelah dia sadar bahwa saat dia tidak dihargai rasanya sangat sakit, seperti direndahkan, dan bisa menimbulkan kemarahan, maka sikap orang tersebut bisa berubah menjadi orang yang bisa menghargai orang lain.

3. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian!
Kepribadian manusia dapat berubah karena beberapa faktor yang mempemngaruhinya, yaitu :
a. Faktor Hereditas (pembawaan sejak lahir)
Faktor dari dalam atau bawaan sejak lahir meliputi faktor fisik dan psikis manusia (struktur tubuh, keadaan fisik dan mental, dsb)
b. Faktor lingkungan (faktor dari luar)
Meliputi :
- Lingkungan keluarga
- Lingkungan sekolah
- Lingkungan masyarakat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon beri komentar yang bersifat menguntungkan banyak pihak..

>